Pages

 

Thursday, November 9, 2017

contoh format laporan pelaksanaan bimbingan kelompok berdasarkan POP BK SMK

0 comments
 
PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 GARUT
Bidang Studi Keahlian Bisnis, Manajemen, Teknologi Informasi, dan Kesehatan
Jalan Cimanuk No. 309 A Telp (0262) 233316 Garut 44151
Email : smkn1garut@ymail.com homepage : smkn 1 garut.sch.id


LAPORAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER (GANJIL/GENAP) TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Komponen Layanan                : Layanan Dasar
Bidang layanan                       : Bimbingan Sosial
Hari.Tanggal Pelaksanaan       : Selasa, 8 Agustus 2017
Waktu                                       : 1 x 45 menit
Kelas                                       : XI Analis Kesehatan
Tujuan                                     : Mempererat jalinan perhabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku

Uraian Pelaksanaan
1.      Uraikan kegiatan yang telah dilaksanakan (eksperientasi) :
a.       Konselor memulai kegitan dengan berdoa
b.      Konselor melakukan ice breaking
c.       Konselor menceritakan suatu cerita tentang 5 orang sahabat yang sangat erat kemudian salah satu dari mereka mengalami kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit, ketika teman yang kecelakaan tersebut ingin dijenguk oleh teman-temannya ternyata empat temannya sulit mendapatkan waktu yang sesuai karena mereka memiliki kesibukan masing-masing, sampai akhirnya teman yang ekcelakaan tersebut meninggal dunia dan tidak sempat dijenguk selama dia sakit.
d.      Konselor mengidentifikasi tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
e.       Konselor mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok untuk memerankan tokoh yang ada dalam cerita
f.       Konselor mempersilahkan para pemeran drama untuk mendiskusikan bagaimana mereka akan menampilkan drama dengan cerita yang telah disampaikan di awal
g.      Setiap kelompok menampilkan drama yang telah didiksusikan
h.      Setelah drama selesai dilakukan tanya jawab
i.        Konselor menyimpulkan kegiatan dan menutup pertemuan dengan doa dan salam.
2.      Hasil yang diperoleh (identifikasi)
a.         Sebagian besar siswa antusias dengan aktifitas bimbingan kelompok
b.         Tidak ada permasalahan yang berarti ketika setiap kelompok berdiskusi baik itau dalam pembagian peran maupun dalam pelaksanaan
c.         Siswa dapat lebih mendalami peran sehingga mereka merasa harus meningkatkan rasa empatinya bukan hanya simpati saja
d.        Siswa dapat menghargai pendapat temannya, pemimpin kelompok dan menghargai aktifitas yang telah mereka laksanakan


3.      Kesimpulan yang didapat (Analisis)
a.       Peserta didik dapat memahami bahwa berempati berarti membayangkan diri kita pada kejadian yang menimpa orang lain. Dengan empati kita berusaha melihat seperti orang lain melihat, dan merasakan seperti orang lain merasakan
b.      Peserta didik memahami pentingnya kerjasama dalam suatu situasi kelompok

4.      Tindak lanjut kegiatan ini (Generalisasi)
a.       Jika satu pertemua tidak cukup waktunya, maka dilanjutkan di pertemuan selanjutnya
b.      Refleksi sebaiknya dilakukan diakhir pertemuan ketika semua kelompok sudah tampil
c.       Konselor mempersilahkan peserta didik jika ada yang ingin melanjutkan dengan curhat/konseling individual


Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Garut

Guru BP/BK






Drs.  Dadang Johar Arifin, MM
NIP. 196411031993031004
Yayu Resti Purwitasari S.Pd

0 comments:

Post a Comment