Pages

 

Wednesday, November 8, 2017

contoh format RPL bimbingan klasikal berdasarkan POP BK SMK

0 comments
 
PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 GARUT
Bidang Studi Keahlian Bisnis, Manajemen, Teknologi Informasi, dan Kesehatan
Jalan Cimanuk No. 309 A Telp (0262) 233316 Garut 44151
Email : smkn1garut@ymail.com homepage : smkn 1 garut.sch.id


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER (GANJIL/GENAP) TAHUN PELAJARAN 2017-2018

A
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Topik Layanan
Multi Kecerdasan
D
Fungsi Layanan
Pengembangan
E
Tujuan Umum
Peserta didik menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
F
Tujuan Khusus
a.    Peserta didik dapat memahami karakteristik yang dimiliki berdasarkan tipe teori kecerdasan ganda
b.    Peserta didik dapat memandang positif terhadap dirinya dan oranglain
G
Sasaran Layanan
Peserta didik kelas X AKL dan X MTM
H
Materi Layanan
“aku dan potensiku”
I
Waktu
2 x 45 menit
J
Sumber
Howard Garner “Multiple Intellegece”
K
Metode/Teknik
Ceramah dan diskusi
L
Media/Alat
Infocus dan Laptop
M
Pelaksanaan

1.     Tahap Awal/Pendahuluan

a.    Pernyataan tujuan
Konselor menyatakan tujuan bimbingan klasikal dan materi “aku dan potensiku”

b.    Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan bimbingan klasikal yaitu :
a.       Konselor menjelaskan konsep materi kecerdasan ganda
b.      Peserta didik akan diberi intrumen kecerdasan ganda
c.       Peserta didik mengisinya dengan bener sesuai dengan hati nurani
d.      Peserta didik akan dikelompokkan sesuai dengan tipe kecerdasan yang dimilikinya
e.       Peserta didik akan diberi kesempatan untuk menampilkan hasil karyanya sesuai dengan tipe kecerdasan ganda

c.    Mengarahkan kegiatan
Konselor melakukan ice breaking dan mengkondisikan siswa agar siap untuk melakukan aktifitas bimbingan klasikal

d.   Tahap peralihan


2.     Tahap Inti

a.    Kegiatan peserta didik
-          Konselor memberikan instrumen keceradasan ganda kepada peserta didik kemudian diisi oleh peserta didik dan diperiksa.
-          Peserta didik dibagi kelompok berdasarkan tipe kecerdasan ganda yang dimilikinya
-          Peserta didik menyiapkan hasil karyanya untuk ditampikan dihadapan kelas


b.    Kegiatan guru bimbingan dan konseling
-          Konselor menjelaskan materi mengenai kecerdasan ganda
-          Konselor memberi kesempatan kepada konseli yang ingi menampilkan hasil karyanya sesuai dengan tipe kecerdasan ganda


3.     Tahap Penutup


a.       Konselor memberi tugas kepada siswa untuk menampilkan hasil akrya sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya baik itu berupa pameran, pertunjukan, drama dll.
b.      Konselor menutup pertemuan

O
Evaluasi

1.     Evaluasi proses
a.       Konselor menanyakan kepada peserta didik Apakah peserta didik memahami materi yang dijelaskan oleh konselor?
b.      Apa yang peserta didik pahami tentang kecerdasan yang dimilikinya?
c.       Apa manfaat yang peserta didik rasakan setelah memahami materi?

2.    Evaluasi Hasil
Apakah peserta didik sudah menemukan tipe kecerdasan yang dimilinya


Materi Kecerdasan Ganda
Teori kecerdasan majemuk/kecerdasan ganda dicetuskan oleh Howard Gardner, psikolog dari Harvard. Mula-mula gardner menemukan tujuh jenis kecerdasan tetapi kemudian mengembanhkannya menjadi delapan dan membahas kemungkinan kecerdasan yang ke sembilan. Kecerdasan menurut Gardner diartikan sebagai suatu kemampuan dengan proses kelengkapannya yang sanggup menangani kandungan masalah yang spesifik di dunia. Setiap orang memiliki delapan jenis kecerdasan dalam tingkat yang berbeda-beda, kedelapan nya memiliki komponen inti dan ciri-ciri, ciri-ciri tersebut menentukan kadar profil kecerdasannya. Dalam kehidupan nyata, ekcerdasan-kecerdasan itu hadir dan muncul bersama-sama atau berurutan dalam suatu atau lebih aktivitas.
Berikut adalah delapan jenis kecerdasan beserta ciri-cirinya  :
v  Verbal/linguistik intelligence
1.      Berkomunikasi lisan dan tulis
2.      Mengarang cerita
3.      Diskusi dan mengikuti debat suatu masalah
4.      Belajar bahasa asing
5.      Bermain “game” bahasa
6.      Membaca dengan pemahaman tinggi
7.      Mudah mengingat kutipan, ucapan ahli, pakar, ayat
8.      Tidak mudah salah tulis atau salah eja
9.      Pandai membuat lelucon
10.  Pandai membuat puisi
11.  Tepat dalam tata bahasa
12.  Kaya kosa kata

v  Logical/mathematic intelligence
1.      Menulis secara jelas
2.      Menghitung, menganalisis hitungan
3.      Menemukan fungsi-fungsi dan hubungan
4.      Memperkirakan
5.      Bereksperimen
6.      Mencari jalan keluar yang logis
7.      Menemukan adanya pola
8.      Induksi dan deduksi
9.      Mengorganisasikan/membuat garis besar
10.  Membuat langkah-langkah
11.  Bermain permainan yang perlu strategi
12.  Berpikir abstrak dan menggunakan simbol abstrak

v  Visual/spatial intelligence
1.      Dekorasi
2.      Apresiasi seni, desain, denah
3.      Membuat dan membaca chart, peta
4.      Koordinasi warna
5.      Membuat bentuk, patung dan sesain tiga dimensi lainnya
6.      Menciptakan dan interpretasi grafik
7.      Desain interior
8.      Dapat membayangkan secara detail benda
9.      Pandai navigasi, arah
10.  Melukis, membuat sketsa
11.  Bermain game ruang
12.  Berpikir dalam imange atau bentuk
13.  Memundahkan bentuk dalam angan-angan

v  Bodily/kinestetik intelligence
1.      Mengekspresikan dalam mimik atau gaya
2.      Atletik
3.      Menari dan menata tari
4.      Kuat dan terampil dalam motorik halus
5.      Koordinasi tangan dan mata
6.      Motorik kasar dan daya tahan
7.      Mudah belajar dengan melakukan
8.      Mudah memanipulasi benda-benda (dengan tangannya)
9.      Membuat egrak gerik yang anggun
10.  Pandai menggunakan bahasa tubuh

v  Musical/rhythmic intelligence
1.      Menyusun/mengarang melodi dan lirik
2.      Bernyanyi kecil, menyanyi dan beriul
3.      Mudah mengenal ritme
4.      Belajar dan mengingat dengan irama, lirik
5.      Menyukai mendengarkan dan mengapresiasi musik
6.      Memainkan instrumen musik
7.      Mengenali bunyi instrument
8.      Mampu membaca musik (not balok dll)
9.      Mengetukkan tangan, kaki
10.  Memahami struktur musik

v  Interpersonal
1.      Mengasuk dan mendidik oranglain
2.      Berkomunikasi
3.      Berinteraksi
4.      Berempati dan bersimpati
5.      Memimpin dan mengorganisasikan kelompok
6.      Berteman
7.      Menyelesaikan dan menjadi mediator konflik
8.      Menghormatin pendapat dan hak orang lain
9.      Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang

v  Intrapersonal
1.      Menyukai waktu untuk menyendiri, berpikir dan merenung
2.      Introspeksi
3.      Mengetahui dan mengelola minat dan perasaan
4.      Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri
5.      memiotivasi diri
6.      mematok tujuan yang realistis
7.      memahami konflik dan motivasi diri

v  Naturalis
1.      Menganalisis persamaan dan perbedaan
2.      Menyukai tumbuhan dan hewan
3.      Mengklasifikasi flora dan fauna
4.      Mengoleksi flora dan fauna
5.      Menemukan pola dalam alam
6.      Mengidentifikasi pola dalam alam
7.      Melihat sesuatu dalam alam secara detail
8.      Meramal cuaca
9.      Menjaga lingkungan

10.  Mengenali berbagai spesies

0 comments:

Post a Comment