PEMERINTAH DAERAH
PROVINSI JAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 GARUT
Bidang
Studi Keahlian Bisnis, Manajemen, Teknologi Informasi, dan Kesehatan
Jalan
Cimanuk No. 309 A Telp (0262) 233316 Garut 44151
|
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
(GANJIL/GENAP) TAHUN PELAJARAN 2017-2018
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik Layanan
|
Multi Kecerdasan
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pengembangan
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik
menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
|
F
|
Tujuan Khusus
|
a. Peserta didik dapat memahami
karakteristik yang dimiliki berdasarkan tipe teori kecerdasan ganda
b. Peserta didik dapat memandang positif
terhadap dirinya dan oranglain
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Peserta didik
kelas X AKL dan X
MTM
|
H
|
Materi Layanan
|
“aku dan
potensiku”
|
I
|
Waktu
|
2 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
Howard Garner “Multiple Intellegece”
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah dan diskusi
|
L
|
Media/Alat
|
Infocus dan Laptop
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1.
Tahap Awal/Pendahuluan
|
||
a.
Pernyataan tujuan
|
Konselor menyatakan tujuan bimbingan klasikal dan
materi “aku dan potensiku”
|
|
b.
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan bimbingan
klasikal yaitu :
a.
Konselor menjelaskan konsep materi kecerdasan
ganda
b.
Peserta didik akan diberi intrumen kecerdasan
ganda
c.
Peserta didik mengisinya dengan bener sesuai
dengan hati nurani
d.
Peserta didik akan dikelompokkan sesuai dengan
tipe kecerdasan yang dimilikinya
e.
Peserta didik akan diberi kesempatan untuk
menampilkan hasil karyanya sesuai dengan tipe kecerdasan ganda
|
|
c.
Mengarahkan kegiatan
|
Konselor melakukan ice
breaking dan mengkondisikan siswa agar siap untuk melakukan aktifitas
bimbingan klasikal
|
|
d.
Tahap peralihan
|
||
2.
Tahap Inti
|
||
a.
Kegiatan peserta didik
|
-
Konselor
memberikan instrumen keceradasan ganda kepada peserta didik kemudian diisi
oleh peserta didik dan diperiksa.
-
Peserta
didik dibagi kelompok berdasarkan tipe kecerdasan ganda yang dimilikinya
-
Peserta didik menyiapkan hasil karyanya untuk ditampikan dihadapan kelas
|
|
b.
Kegiatan guru bimbingan dan konseling
|
-
Konselor menjelaskan materi mengenai kecerdasan ganda
-
Konselor memberi kesempatan kepada konseli yang ingi menampilkan hasil
karyanya sesuai dengan tipe kecerdasan ganda
|
|
3.
Tahap Penutup
|
||
a. Konselor memberi tugas kepada siswa untuk
menampilkan hasil akrya sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya baik itu berupa
pameran, pertunjukan, drama dll.
b.
Konselor
menutup pertemuan
|
||
O
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi proses
|
a.
Konselor menanyakan kepada peserta didik Apakah peserta didik memahami materi yang dijelaskan oleh konselor?
b.
Apa
yang peserta didik pahami tentang kecerdasan yang dimilikinya?
c.
Apa
manfaat yang peserta didik rasakan setelah memahami materi?
|
|
2.
Evaluasi Hasil
|
Apakah peserta didik sudah
menemukan tipe kecerdasan yang dimilinya
|
Materi Kecerdasan Ganda
Teori
kecerdasan majemuk/kecerdasan ganda dicetuskan oleh Howard Gardner, psikolog
dari Harvard. Mula-mula gardner menemukan tujuh jenis kecerdasan tetapi
kemudian mengembanhkannya menjadi delapan dan membahas kemungkinan kecerdasan
yang ke sembilan. Kecerdasan menurut Gardner diartikan sebagai suatu kemampuan dengan
proses kelengkapannya yang sanggup menangani kandungan masalah yang spesifik di
dunia. Setiap orang memiliki delapan jenis kecerdasan dalam tingkat yang
berbeda-beda, kedelapan nya memiliki komponen inti dan ciri-ciri, ciri-ciri
tersebut menentukan kadar profil kecerdasannya. Dalam kehidupan nyata,
ekcerdasan-kecerdasan itu hadir dan muncul bersama-sama atau berurutan dalam
suatu atau lebih aktivitas.
Berikut adalah delapan
jenis kecerdasan beserta ciri-cirinya :
v Verbal/linguistik
intelligence
1. Berkomunikasi lisan dan tulis
2. Mengarang cerita
3. Diskusi dan mengikuti debat suatu masalah
4. Belajar bahasa asing
5. Bermain “game” bahasa
6. Membaca dengan pemahaman tinggi
7. Mudah mengingat kutipan, ucapan ahli,
pakar, ayat
8. Tidak mudah salah tulis atau salah eja
9. Pandai membuat lelucon
10. Pandai membuat puisi
11. Tepat dalam tata bahasa
12. Kaya kosa kata
v Logical/mathematic intelligence
1. Menulis secara jelas
2. Menghitung, menganalisis hitungan
3. Menemukan fungsi-fungsi dan hubungan
4. Memperkirakan
5. Bereksperimen
6. Mencari jalan keluar yang logis
7. Menemukan adanya pola
8. Induksi dan deduksi
9. Mengorganisasikan/membuat garis besar
10. Membuat langkah-langkah
11. Bermain permainan yang perlu strategi
12. Berpikir abstrak dan menggunakan simbol
abstrak
v Visual/spatial intelligence
1. Dekorasi
2. Apresiasi seni, desain, denah
3. Membuat dan membaca chart, peta
4. Koordinasi warna
5. Membuat bentuk, patung dan sesain tiga
dimensi lainnya
6. Menciptakan dan interpretasi grafik
7. Desain interior
8. Dapat membayangkan secara detail benda
9. Pandai navigasi, arah
10. Melukis, membuat sketsa
11. Bermain game ruang
12. Berpikir dalam imange atau bentuk
13. Memundahkan bentuk dalam angan-angan
v Bodily/kinestetik intelligence
1. Mengekspresikan dalam mimik atau gaya
2. Atletik
3. Menari dan menata tari
4. Kuat dan terampil dalam motorik halus
5. Koordinasi tangan dan mata
6. Motorik kasar dan daya tahan
7. Mudah belajar dengan melakukan
8. Mudah memanipulasi benda-benda (dengan
tangannya)
9. Membuat egrak gerik yang anggun
10. Pandai menggunakan bahasa tubuh
v Musical/rhythmic intelligence
1. Menyusun/mengarang melodi dan lirik
2. Bernyanyi kecil, menyanyi dan beriul
3. Mudah mengenal ritme
4. Belajar dan mengingat dengan irama, lirik
5. Menyukai mendengarkan dan mengapresiasi
musik
6. Memainkan instrumen musik
7. Mengenali bunyi instrument
8. Mampu membaca musik (not balok dll)
9. Mengetukkan tangan, kaki
10. Memahami struktur musik
v Interpersonal
1. Mengasuk dan mendidik oranglain
2. Berkomunikasi
3. Berinteraksi
4. Berempati dan bersimpati
5. Memimpin dan mengorganisasikan kelompok
6. Berteman
7. Menyelesaikan dan menjadi mediator konflik
8. Menghormatin pendapat dan hak orang lain
9. Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang
v Intrapersonal
1. Menyukai waktu untuk menyendiri, berpikir
dan merenung
2. Introspeksi
3. Mengetahui dan mengelola minat dan perasaan
4. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri
5. memiotivasi diri
6. mematok tujuan yang realistis
7. memahami konflik dan motivasi diri
v Naturalis
1. Menganalisis persamaan dan perbedaan
2. Menyukai tumbuhan dan hewan
3. Mengklasifikasi flora dan fauna
4. Mengoleksi flora dan fauna
5. Menemukan pola dalam alam
6. Mengidentifikasi pola dalam alam
7. Melihat sesuatu dalam alam secara detail
8. Meramal cuaca
9. Menjaga lingkungan
10. Mengenali berbagai spesies
0 comments:
Post a Comment