Game online merupakan
permainan elektronik melalui internet yang saat ini sangat menjamur di
masyarakat apalagi di kalangan remaja dan anak-anak. Menurut Poetoe (2012) Game Online adalah game yang
bersifat dunia maya dan biasanya dimainkan di dalam PC/laptop serta menggunakan
media internet sehingga user dari berbeda tempatpun bisa bermain bersama dalam
satu waktu dan permainan yang sama. Pengaruh globalisasi ini sangat cepat
menyerang anak-anak yang sedang berada pada masa bermain, yang menjadi masalah
pada pembahasan ini adalah bukan tentang game online nya namun yang menjadi masalah adalah ketergantungan pada
aktivitas nge-games ini bagi sebagian anak, games online
memiliki sifat adiktif atau candu sehingga waktu anak banyak dihabiskan untuk
bermain game-online. Menurut Hapsari
(2010) Fenomena game online ini muncul sejak tahun 2000-an, namun sepertinya
pada tahun inilah merupakan puncak dari fenomena game online tersebut. Ada
banyak jenis permainan yang ditawarkan di game online, contohnya adalah AyoDance,
Dot.A, Ragnarok, Yulgang, Street Dance, dan Counter Strike, dll. Jenis
permainan CS inilah yang awalnya sangat booming pada tahun 2000-an. Namun
seiring perjalanan waktu trend game online pada tahun ini beralih ke suatu game
bernama Point Blank atau yang lebih dikenal dengan sebutan PB. Sama seperti CS,
game PB juga banyak diminati masyarakat dari anak-anak seusia SMP hingga SMA,
bahkan tak jarang anak SD, mahasiswa, dan para karyawan pun kecanduan dengan
game ini.
American
Psychological Association (APA) mengatakan bahwa kecanduan internet juga
merupakan suatu penyakit yang disebut dengan Internet Addictive Disorder (DIS)
yang merupakan salah satu gangguan mental (Hapsari: 2010) Selain itu ciri-ciri
penderita DIS ini adalah terlihat letih, lesu, lunglai, matanya merah akibat
kurang tidur, menjadi anti sosial, mengisolasi diri dan juga prestasi dan
kinerja individu tersebut mengalami penurunan. Dinamakan kecanduan ketika
aktifitas ini sudah sampai mengganggu aktivitas lain, misal sudah tidak peduli
dengan kehidupan di luar, nilai sekolah jeblok, tidak mau lagi beraktivitas di
kegiatan ekskul, menarik diri dari dunia luar atau sering terpaku berlama-lama
ngegame di depan komputer / gadget elektronik lainnya.
Kecanduan
game-online ini memiliki dampak bagi psikologis anak. Jika anak bermain game
dengan bijak, tentu tidak akan memiliki pengaruh negatif yang signifikan
terhadap perkembangan anak, bahkan menurut Sampurno (2012) game online dapat
menjadi ajang melatih konsentrasi dan menurut Poetoe (2012) menyebutkan bahwa
game-online dapat membuat anak mahir menggunakan komputer, yang menjadi masalah
adalah dampak game-online yang membuat anak menjadi kecanduan karena setelah
anak kecanduan bermain game-online anak dapat menghabiskan sebagian besar
waktunya di depan komputer/laptop sehingga menurut pandangan psikologi hal ini
dapat menghambat perkembangan sosial anak karena menurut A.N (2011) game-online
akan mengurangi aktivitas positif yang seharusnya dijalani oleh anak pada usia
perkembangan mereka. Anak yang mengalami ketergantungan pada aktivitas games, akan mengurangi waktu belajar dan waktu
untuk bersosialisasi dengan teman sebaya mereka. Jika ini berlangsung terus
menerus dalam waktu lama, di pekirakan anak akan menarik diri pada pergaulan
sosial, tidak peka dengan lingkungan, bahkan bisa membentuk kepribadian
asosial, dimana anak tidak mempunyai kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
sosialnya.
Dari
segi permainannya, game online memiliki fitur yang menarik, berisi gambar-gambar,
animasi-animasi yang mendorong anak agar tertarik bermain game selain itu
macam-macam games tersebut dirancang khusus agar anak menjadi ingin terus
bermain, tentu saja demi mengeruk keuntungan bagi para pengelolanya tanpa
menghiraukan dampak baik dan buruknya bagi perkembangan anak. Rachmat
(2012) memaparkan beberapa faktor penyebab anak kecanduan bermain game-online
mengutip dari para dokter yang meneliti kecanduan video game, alasan seseorang
bisa ketagihan bermain game adalah karena game tersebut sengaja dirancang agar
pemainnya semakin sering bermain game.
1.
Pemain butuh menghabiskan banyak waktu dan energi untuk
menciptakan sebuah karakter dan persona virtual mereka. Game tersebut memang
dirancang agar mereka ‘menginvestasikan’ banyak waktu dan usaha untuk
memperluas karakter dan kemampuan mereka.
2.
Pemain difokuskan untuk mendapatkan senjata baru atau
score yang tinggi, ini akan membuat pemain enggan berhenti bermain sebelum
mereka memenuhi target mereka. Tentu saja, begitu target tercapai, selalu ada
target yang lebih besar berikutnya, dan berikutnya.
3.
Game multiplayer online memang dirancang untuk
interaktif agar pemain bekerja sama untuk mencapai tugas tertentu. Karena itu
pemain merasa tidak dapat meninggalkan permainan sebelum memenuhi kewajiban
untuk tim mereka.
4.
Daya tarik lainnya dari game tersebut adalah aspek
sosial. Di dunia game online tersebut mereka bisa menjadi siapa saja sesuai
yang mereka inginkan, dan relatif mudah untuk meningkatkan karakter. Masalahnya
adalah mereka kesulitan belajar bersosialisasi di dunia nyata, khususnya buat
mereka yang memang kesulitan berteman.
5.
Candu lainnya yang menarik adalah game ini bisa
dijadikan sebagai pelarian dari masalah-masalah di dunia nyata. Tentu saja hal
ini merupakan pengaruh negatif karena lebih banyak menghabiskan waktu bermain
game ketimbang menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Fitur-fitur games ini menarik perhatian anak dari
aktifitas belajar sehingga anak yang sudah kecanduan game-online menjadi malas
untuk berangkat ke sekolah mereka lebih memilih duduk berjam-jam didepan
komputer/laptop daripada belajar, faktor lainnya adalah dari lingkungan sosial
terutama lingkungan keluarga, orangtua yang cenderung membiarkan anaknya
berlama-lama dikomputer tanpa diawasi, mudahnya anak mengakses komputer di
sekitarnya dan pengaruh teman sebaya merupakan faktor yang menyebabkan anak
kecanduan bermain game-online. Rachmat (2012) memaparkan ciri-ciri anak yang
kecanduan game-online diantaranya :
a.
Anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain game pada
jam-jam di luar sekolah
b.
Tertidur di sekolah
c.
Sering melalaikan tugas
d.
Nilai di sekolah jeblok
e.
Berbohong soal berapa lama waktu yang sudah dihabiskan
untuk ngegame
f.
Lebih memilih bermain game daripada bermain dengan
teman
g.
Menjauhkan diri dari kelompok sosialnya (klub atau
kegiatan ekskul)
h.
Merasa cemas dan mudah marah jika tidak ngegame
Sementara gejala-gejala fisik yang bisa menimpa
seseorang yang kecanduan game antara lain:
a.
Carpal tunnel syndrome (gangguan di pergelangan
tangan karena saraf tertekan, misalnya jari-jari tangan menjadi kaku)
b.
Mengalami gangguan tidur
c.
Sakit punggung atau nyeri leher
d.
Sakit kepala
e.
Mata kering
f.
Malas makan / makan tidak teratur
g.
Mengabaikan kebersihan pribadi (misal: malas
mandi)
REFERENSI
Poetoe. (2012). Game Online Sebagai Sahabat Anak. [Online]. Tersedia: http://putuananta.blogspot.com/2012/03/game-online-sebagai-sahabat-anak-anak.html
. [17 April 2012].
Hapsari, Indria (2010). Kecanduan Game Online. [online]. Tersedia di : http://miegosong.blogspot.com/2010/10/kecanduan-game-online.html.
[17 April 2012]
Rachmat, Adam (2012). Ciri-ciri Anak Kecanduan Game Online. [online].
Tersedia di : http://adamonline.web.id/internet-dan-jaringan/ciri-anak-kecanduan-games-online.
[17 April 2012]
Sampurno, Adam (2012). Dampak Positif dan
Negatif dari Game yang Juga Berpengaruh Kepada Kesehatan. [online[. Tersedia di
:
http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/dampak-positif-dan-negatif-dari-game.html#ixzz1sRRCWVV2. [17 April 2012]
http://matsspensix.blogspot.com/2012/03/dampak-positif-dan-negatif-dari-game.html#ixzz1sRRCWVV2. [17 April 2012]
A.N (2011). Bahaya Games On-Line Terhadap Perkembangan Psikologis. [online].
tersedia di : http://www.psychologymania.com/2011/10/bahaya-games-on-line-terhadap.html.
[17 April 2012]
2 comments:
SITUS GAME SLOT AGEN78 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI INDONESIA SAAT INI.
MEMBERIKAN BUKTI BUKAN JANJI.
AYO PARA BOSKU SEGERA KUNJUNGI ""SITUS AGEN78""
KAMI INGIN MEMPROMOSIKAN SITUS AGEN78 SLOT ONLINE.
MENANG BESAR DENGAN BONUS MELIMPAH.
DENGAN BERMAIN BERSAMA KAMI DI Agen78
BERBAGAI GAME SLOT ONLINE DAN POKER BISA ANDA MAINKAN.
=KEUNTUNGAN YANG ADA DI AGEN78=
** MINIMAL DEPOSIT DAN WD HANYA RP. 10.000.
** BISA DIMAINKAN VIA ANDROID/IPHONE/IPAD.
** PROSES DP DAN WD DILAYANI LANGSUNG OLEH CS YANG RAMAH DAN BERPENGALAMAN.
UNTUK INFO YANG LEBIH JELAS SILAHKAN HUBUNGI CS KAMI (ONLINE 24 JAM)!!!
LINE : agen78slot
WHASTAPP : +6282125398622
"HAPPYMPO SITUS RESMI DAN TERPERCAYA"
KLIK DISINI
-Minimal deposit hanya 10rb (π₯)
-Bonus New member 220% (π₯)
-Bonus New member sabung ayam 30% (π₯)
-Bonus New Member 20% (π₯)
-Bonus Unlimited Slot Reload 10% (π₯)
-Bonus Cashback Casino 10% (π₯)
-Bonus Sportsbook Reload 10% (π₯)
-Bonus referral 0.3 % (π₯)
-Deposit Pulsa TELKOMSEL & XL (π₯)
-E-Wallet
OVO-DANA-GOPAY-LINKAJA Ready 24JAM
π RECOMMEND SITUS TERBAIK & TERPERCAYAπ―
π LIVE CHAT & ADMIN FAST RESPON π―
π MENANG BERAPAPUN DIBAYAR LUNAS π―
π πππ π¦π¬ππ₯ππ§ & πππ§ππ‘π§π¨ππ‘ ππ π ππ‘π¨ π£π₯π’π π’ πͺππ ππ§ππ¨ πππ¦π ππ WA HappyMPO π
π wa CS : 0853-7367-6429
Post a Comment