Pages

 

Kamis, 23 Januari 2014

Cara Mengajarkan Anak Meminta Maaf

0 komentar


Anak perlu diajarkan perilaku yang baik dalam berbagai hal termasuk apa yang harus dilakukan ketika anak menyesali perbuatannya yang tidak baik. Bagi anak meminta maaf adalah tindakan yang sulit untuk dilakukan. Kenapa kita harus mengajarkan anak untuk berani meminta maaf? Meminta maaf bukan hanya sekedar cara untuk keluar dari masalah melainkan cara yang baik untuk berbicara tentang pemecahan masalah setelah mengatakan maaf.  


Anak perlu tahu apa yang harus dikatakan ketika dia meminta maaf. Gambar diatas adalah panduan secara verbal bagaimana langkah-langkah dalam meminta maaf yang bisa diajarkan kepada anak. 1) saya meminta maaf untuk kesalahan saya (Sebutkan apa kesalahannya) 2) di lain waktu, saya akan/ tidak akan (sebutkan rencana perilaku yang akan dilakukan) 3) apakah kamu mau memaafkan saya? (sebutkan bahwa anda menyesali perbuatan anda).
Maukah kamu memaafkan saya???

            Masalah tidak akan benar-benar selesai ketika anda hanya meminta maaf kemudian selesai namun dengan diawali dengan meminta maaf anda bisa lebih mudah berbicara tentang pemecahan masala. Maka ajarkan anakdari sejak diri untuk berani meminta maaf ketika dia melakukan kesalahan. Bahwa meminta maaf bukanlah hal yang memalukan justru menunjukan betapategar dan kuatnya seseorang untuk menghadapi kenyataan saat ini dan menghadapi masa depan

0 komentar:

Poskan Komentar