Pages

 

Monday, March 4, 2013

PROGRAM PRAKTIK STUDI KASUS ANAK

0 comments

TUGAS 2
PROGRAM PRAKTIK STUDI KASUS ANAK

Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Studi Kasus Anak yang diampu oleh dosen
Dr Hj. Euis Farida, M.Pd


 





Oleh
YAYU RESTI PURWITASARI
0900475


JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012


PROGRAM PRAKTIK STUDI KASUS DI LEMBAGA PRA-SEKOLAH DAN DI SEKOLAH DASAR

A.    DASAR PEMIKIRAN
Anak merupakan titipan Allah swt yang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anak merupakan penerus cita-cita bagi kemajuan suatu bangsa, namun pada proses perkembangannya tidak selalu berkembang dengan baik seperti yang di harapkan karena setiap anak sebenarnya mempunyai masalah dan sangat variatif, perbedaanya adalah terletak pada besar atau tidaknya permasahan tersebut berpengaruh terhadap perkembangan anak itu sendiri baik itu permasalahan dalam aspek akademik, sosial maupun karir, hal ini tentu merupakan tugas dan tanggung jawab berbagai pihak terutama dalam lingkungan sekolah yaitu guru selaku pengajar siswa dikelas, kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan, dan guru Bimbingan dan Konseling sebagai pembimbing dalam memfalisitasi perkembangan siswa dan membantu menyelesaikan permasalahan siswa, dan personel sekolah lainnya.
Dalam mewujudkan tujuan pendidikan Nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Bimbingan dan Konseling berfungsi untuk membantu memfasilitasi perkembangan anak secara memiliki peran yang sangat penting untuk membantu anak dalam memahami permasalahannya dan memberikan intervensi yang sesuai,
Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dan keadaan siswa banyak metode dan pendekatan yang dapat digunakan salah satunya yaitu studi kasus (Case Study). Studi kasus anak merupakan suatu metode analisis kasus yang komprehensif untuk mendapatkan gambaran kumulatif tentang kepribadian dan perilaku kasus sehingga diperoleh pemahaman yang mendasar tentang permasalahan yang dialaminya beserta faktor-faktor penyebabnya yang bertujuan untuk menganalisis permasalahan kasus anak secara komprehensif beserta faktor-faktor penyebabnya. (Solehudin : 2011) www.upi.edu
Program ini dibuat untuk memandu praktikan menganalisis beberapa kasus anak melalui metode studi kasus dan pada akhirnya praktikan merumuskan rekomendasi-rekomendasi pemecahannya, adapun kasus yang diambil adalah sebanyak dua kasus terdiri dari satu kasus di Lembanga Pra-Sekolah dan di Sekolah Dasar.
B.     VISI DAN MISI PROGRAM
1.      Visi
Membantu anak yang mengalami masalah serius untuk memahami permasalahannya dan memberikan rekomendasi intervensi.

2.      Misi
a)      Memilih dan menetapkan kasus mana yang dinilai perlu dipelajari melalui suatu studi kasus.
b)      Mengoleksi dan mempelajari data yang ada
c)      Melengkapi data dengan berbagai data pelengkap yg diperlukan dan relevan
d)     Menganalisis data secara mendalam dan komprehensif sehingga bisa diidentifikasi kaitan antara latar kelakang dia dengan keadaannya sekarang.
e)      Merumuskan inti permasalahan dan latar belakang penyebabnya
f)       Merumuskan rekomendasi pemecahan


C.     TUJUAN
Tujuan umum praktek lapangan studi kasus ini yaitu untuk :
1.      Memperoleh berbagai informasi tentang kepribadian dan perilaku kasus anak dan latar belakang kehidupannya dari berbagai sumber yang tersedia
2.      Memperoleh pemahaman yang akurat tentang dasar permasalahan kasus dan faktor-faktor penyebabnya
3.      Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah yang diperlukan dalam menangani kasus anak tersebut.

D.    SASARAN PRAKTIK STUDI KASUS
Sasaran praktik studi kasus adalah individu yang menunjukan gejala atau masalah yang serius, di tingkat Pra-Sekolah dan di Sekolah Dasar.
E.     JENIS KEGIATAN
1.      Mengidentifikasi masalah
2.      Mendiagnosis masalah
3.      Prognosis
4.      Memberikan rekomendasi bantuan

0 comments:

Post a Comment