TUGAS 2
PROGRAM PRAKTIK
STUDI KASUS ANAK
Diajukan
untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Studi Kasus Anak yang diampu oleh dosen
Dr Hj. Euis Farida, M.Pd
Dr Hj. Euis Farida, M.Pd
Oleh
YAYU RESTI PURWITASARI
0900475
0900475
JURUSAN PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012
PROGRAM
PRAKTIK STUDI KASUS DI LEMBAGA PRA-SEKOLAH DAN DI SEKOLAH DASAR
A. DASAR
PEMIKIRAN
Anak merupakan titipan Allah swt yang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anak
merupakan penerus cita-cita bagi kemajuan suatu bangsa, namun pada proses perkembangannya tidak selalu berkembang
dengan baik seperti yang di harapkan karena setiap anak sebenarnya mempunyai
masalah dan sangat variatif, perbedaanya adalah terletak pada besar atau
tidaknya permasahan tersebut berpengaruh terhadap perkembangan anak itu sendiri
baik itu permasalahan dalam aspek akademik, sosial maupun karir, hal ini tentu
merupakan tugas dan tanggung jawab berbagai pihak terutama dalam lingkungan
sekolah yaitu guru selaku pengajar siswa dikelas, kepala sekolah sebagai
pemangku kebijakan, dan guru Bimbingan dan Konseling sebagai pembimbing dalam
memfalisitasi perkembangan siswa dan membantu menyelesaikan permasalahan siswa,
dan personel sekolah lainnya.
Dalam mewujudkan tujuan pendidikan Nasional yaitu
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Bimbingan dan Konseling berfungsi untuk membantu memfasilitasi
perkembangan anak secara memiliki peran yang sangat penting untuk membantu anak
dalam memahami permasalahannya dan memberikan intervensi yang sesuai,
Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dan keadaan
siswa banyak metode dan pendekatan yang dapat digunakan salah satunya yaitu
studi kasus (Case Study). Studi kasus anak merupakan suatu
metode analisis kasus yang komprehensif untuk mendapatkan gambaran kumulatif
tentang kepribadian dan perilaku kasus sehingga diperoleh pemahaman yang
mendasar tentang permasalahan yang dialaminya beserta faktor-faktor penyebabnya
yang bertujuan untuk menganalisis
permasalahan kasus anak secara komprehensif beserta faktor-faktor penyebabnya.
(Solehudin : 2011) www.upi.edu
Program ini
dibuat untuk memandu praktikan menganalisis beberapa kasus anak melalui metode
studi kasus dan pada akhirnya praktikan merumuskan rekomendasi-rekomendasi
pemecahannya, adapun kasus yang
diambil adalah sebanyak dua kasus terdiri dari satu kasus di Lembanga
Pra-Sekolah dan di Sekolah Dasar.
B. VISI
DAN MISI PROGRAM
1. Visi
Membantu
anak yang mengalami masalah serius untuk memahami permasalahannya dan
memberikan rekomendasi intervensi.
2. Misi
a) Memilih
dan menetapkan kasus mana yang dinilai perlu dipelajari melalui suatu studi
kasus.
b) Mengoleksi
dan mempelajari data yang ada
c) Melengkapi
data dengan berbagai data pelengkap yg diperlukan dan relevan
d) Menganalisis
data secara mendalam dan komprehensif sehingga bisa diidentifikasi kaitan
antara latar kelakang dia dengan keadaannya sekarang.
e) Merumuskan
inti permasalahan dan latar belakang penyebabnya
f) Merumuskan
rekomendasi pemecahan
C. TUJUAN
Tujuan umum
praktek lapangan studi kasus ini yaitu untuk :
1. Memperoleh
berbagai informasi tentang kepribadian dan perilaku kasus anak dan latar belakang
kehidupannya dari berbagai sumber yang tersedia
2. Memperoleh
pemahaman yang akurat tentang dasar permasalahan kasus dan faktor-faktor
penyebabnya
3. Merumuskan
rekomendasi pemecahan masalah yang diperlukan dalam menangani kasus anak
tersebut.
D. SASARAN
PRAKTIK STUDI KASUS
Sasaran praktik studi kasus adalah individu
yang menunjukan gejala atau masalah yang serius, di tingkat Pra-Sekolah dan di
Sekolah Dasar.
E. JENIS KEGIATAN
1.
Mengidentifikasi masalah
2.
Mendiagnosis masalah
3.
Prognosis
4.
Memberikan rekomendasi bantuan
0 comments:
Post a Comment