Pages

 

Selasa, 26 Juni 2012

PROGRAM PRAKTIK BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR ANAK

0 komentar

A.    Dasar Pemikiran
Pendidikan adalah sebuah proses berkesinambungan yang sangat menentukan masa depan seseorang. Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mengintegrasikan tiga komponen utamanya secara sinergi, yaitu bidang administratif dan kepemimpinan, bidang instruksional atau kulikuler, dan bidang Bimbingan dan Konseling. Dalam rangka mencapai perkembangan yang optimal,pendidikan tidak hanya terfokus pada bimbingan akademik sajaakan tetapi siswa perlu bimbingan dalam hal pribadi, sosial dan karir. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional dalam Undang-Undang No. 20 pasal 3 tahun 2003: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 thn 2006 tentang kesadaran karir  yang dirumuskan dalam Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP). Dalam kaitannya dengan upaya membantu individu berkembang secara optimal pada tingkatan Sekolah Dasar melalui praktik bimbingan dan konseling karir anak fokus pengembangan karir anak di SD disesuikan dengan tahapan perkembangan karir anak yaitu tahap kesadaran karir yang meliputi aspek kesadaran diri, kesadaran mencari informasi karir, sikap terhadap karir, kesadaran membuat pilihan sehat, keputusan efektif dan kesadaran keterampilan karir.
Maka dari itu, perlu diselenggarakan program bimbingan karir anak yang dapat mewadahi perkembangan potensi anak. Secara umum program praktik yang dikembangkan berfokus pada pencegahan dan pengembangan, pada usia ini identik dengan masa bermain yang ditandai dengan kemampuan mengekplorasi diri,maka strategi yang digunakan yaitu strategi instruksional (bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok), strategi substansial (genogram dan konseling karir) dan strategi permainan terpadu (permainan intradisional).

A.    Visi dan Misi Program
Visi : Mengembangkan kompetensi karir siswa kelas III, IV, dan V SD 
Misi : Mengadakan layanan bimbingan dan konseling karir yang berorientasi pencegahan dan pengembangan meliputi aspek kesadaran diri,kesadaran mencari informasi karir, sikap terhadap karir, kesadaran membuat pilihan sehat, keputusan efektif dan kesadaran keterampilan karir.
B.     Tujuan dan Kompetensi yang digunakan
1.      Tujuan Umum
Bertujuan untuk mengembangkan kesadaran karir siswa SD kelas III, IV dan V berdasarkan kompetensi karir anak yang meliputi aspek kesadaran diri,kesadaran mencari informasi karir, sikap terhadap karir, kesadaran membuat pilihan sehat, keputusan efektif dan kesadaran keterampilan karir.
2.      Tujuan khusus
a.         Siswa memiliki kesadaran diri
b.        Siswa memiliki pengetahuan mengenai pemahaman diri
c.         Siswa mampu mengenali macam-macam dan ciri-ciri berbagai jenis pekerjaan
d.        Siswa memiliki sikap positif terhadap setiap peluang pekerjaan
e.         Siswa mampu mengambil keputusan sendiri meskipun masih memerlukan nasihat oranglain
f.         Menentukan cita-cita, merencanakan masa depan serta mengetahui hubungan antara sekolah dengan pekerjaan

C.    Sasaran
Sasaran program adalah siswa kelas III, IV dan V, SD
D.    Komponen Program
1.      Layanan Dasar Bimbingan
Layanan dasar diartikan sebagai proses pemberian bantuan kepada seluruh konseli melalui kegiatan penyiapan pengalaman terstruktur secara klasikal atau kelompok yang disajikan secara sistematis dalam rangka mengembangkan perilaku jangka panjang sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan yang diperlukan dalam pengembangan kemampuan memilih dan mengambil keputusan dalam menjalani kehidupannya. Layanan yang dilakukan pada praktik ini adalah bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok
Bimbingan klasikal : layanan pembelajaran untuk mengembangakan kesadaran karir anak melalui metode ceramah dan tanya jawab dalam setting kelas.
Bimbingan kelompok : layanan melalui setting kelompok untuk mengembangkan kesadaran karir anak dengan pendekatan dinamika kelompok melalui metode permainan
2.      Layanan Responsif Bimbingan
Layanan responsif bimbingan merupakan pemberian bantuan kepada konseli yang menghadapi kebutuhan dan masalah yang memerlukan pertolongan secara segera. Praktik ini memungkinkan siswa mendapatkan layanan langsung tatap muka dengan praktikan untuk mengembangkan kesadaran karir anak melalui teknik genogram dan konseling individual

3.   Perencanaan Individual
            Perencanaan individual diartikan sebagai bantuan kepada konseli agar mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdsarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya. Praktik ini membantu siswa belajar memahami dirinya, bakat dan minatnya dalam perencanaan karirnya melalui konseling individual dan genogram
4.      Dukungan system
              Dukungan sistem merupakan komponen pelayanan dan kegiatan manajemen, tata kerja, infra struktur, dan pengembangan kemampuan profesional konselor secara berkelanjutan, yang secara atidak langsung memberikan bantuan kepada konseli atau memfasilitasi kelancaran perkembangan konseli. Praktik ini dengan melakukan kolaborasi dengan orangtua siswa, guru mata pelajaran, wali kelas, kepala sekolah, guru BK, dan personel sekolah lainnya.

E.     Pengembangan Tema dan Materi

No
Kompetensi kesadaran karir
Materi
Metode
Kelas
Pembimbing
1.
Kesadaran diri
-Siapa Aku?
-Aku dan Kamu
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok melalui permainan
III

2.
Pengetahuan karir
-Pekerjaanku
-Permainan Olahraga Kreatif
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok melalui permainan
III

Genogram
III


Permainan Tradisional
III


3.
Mencari Informasi Karir
-Merancang impian dengan menggambar
-Mencocokan karakteristik pekerjaan dengan pekerjaan tertentu
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok melalui permainan
IV

4.
Sikap terhadap karir
-mengembangkan sikap positif demi meraih kesuksesan
-Meneladani tokoh
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok melalui permainan
IV

Genogram
IV

Permainan Tradisional
IV

5.
Membuat pilihan dan sehat keputusan efektif
-membuat keputusan
-Ini pekerjaanku, apa pekerjaanmu?
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok melalui permainan
V

6.
Aspek keterampilan karir
-Apa Cita-citamu
-Yuuuks raih masa depanmu
Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok melalui permainan
V

Genogram
V

Permainan Tradisional
V



F.     Evaluasi dan Tindak Lanjut
1.      Evaluasi proses
       Evaluasi proses dilakukan untuk menilai bagaimana kesadaran karir anak dikembangkan melalui kegiatan layanan dasar bimbingan. Untuk mengevaluasi proses bimbingan karir digunakan teknik wawancara berupa refleksi pada setiap layanan yang tertera pada satuan layanan kegiatan bimbingan
      
2.      Evaluasi Hasil
            Evaluasi hasil dilaksanakan setelah semua kegiatan dilaksanakan untuk mengetahui  ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui kegiatan yang dilaksanakan yaitu tercapainya kompetensi yang diharapkan. 

0 komentar:

Poskan Komentar