1.
Fokus
pengembangan karir anak di SD
Fokus pengembangan
karir anak di SD disesuikan dengan tahapan perkembangan anak, anak SD termasuk
kedalam tahapan kesadaran karir yaitu penumbuhkembangkan kesadaran itu sendiri
dengan anak memperoleh informasi tentang karir, mengenal karakteristik diri dan
mengetahui hubungan antara pekerjaan dan belajar dalam kehidupan sehari-hari.
Kesadaran karir anak meliputi aspek kesadaran diri, kesadaran pengetahuan
karir, kesadaran membuat pilihan sehat, dan keputusan efektif dan kesadaran
keterampilan karir
2.
Strategi
pelayanan karir di SD
Strategi yang digunakan
yaitu include dengan pembelajaran
efektif, dalam hal ini guru yang paling berperan, karena anak berangkat pada
rasa ingin tahu yang tinggi, anak perlu diberi stimulus untuk mampu bertanya
tentang karir kemudian dilakukan diskusi kelompok yang menyenangkan antara anak
dan guru, layanan informasi bisa juga dilakukan dengan pemutaran film, guru
membawa siswa ketempat-tempat yang berhubungan dengan pekerjaan dan story telling Selain itu pendekatan
permainan merupakan pendekatan efektif dalam menumbuhkan kesadaran karir anak
seperti :
a. Bermain
puzzel yang bertemakan karir, puzzel yang digunakan dapat berupa jenis-jenis
tampilan yang sesuai dnegan karirnya seperti gambar tentara yang sedang berdiri
tegap, dokter yang sedang memeriksa pasiennya, guru yang sedang menerangkan di
depan kelas dll
b. Permaianan
ekspresi dan proyeksi diri, permainan ekspresi yaitu untuk mengenal dirinya,
sifat-sifat dirinya yang baik dan yang buruk, keadaan dirinya bila menghadapi
suatu situasi penilaian atas sifat-sifat diri yang dibutuhkan untuk suatu jenis
pekerjaan, permainan proyeksi diri lebih kepada ungkapan-ungkapan yang memiliki
makna.
c. Karnaval
karir
Anak-anak memakai pakaian yang
mencerminkan profesi tertentu untuk memperkenalkan berbagai jenis pekerjaan.
d. Bermain
peran
Anak bermain memerankan berbagai
peran yang ada pada kehidupan sehari-hari
3.
Media
yang digunakan
Media yang digunakan
bisa sangat beragam, tergantung kreativitas guru itu sendiri dan disesuaikan
dengan strategi yang digunakan seperti puzzel dalam permainan puzzel,
boneka-boneka profesi dalam story telling,
media elektronik seperti infocus, televisi, DVD dalam pemutaran film-film
tentang karir, pakainan-pakaian (kostum) berbagai profesi pekerjaan dalam
karnaval karir, gambar-gambar yang sesuai dengan karir,
4.
Proses
Proses yang dilakukan
dalam pengembangan bimbingan karir di SD, yaitu dengan mengembangkan rasa ingin
tahu anak, guru memberikan informasi-informasi dalam diskusi kelompok yang
menarik, guru memberikan stimus kepada anak untuk berdiskusi dan guru menjawab
pertanyaan anak dan memberikan informasi yang sesuai dengan tema diskusi yaitu
tentang berbagai macam karir.
Dalam permainan proses
yang dilakukan melalui pendekatan dinamika kelompok dari awal pembentukan
kelompok (norming), pemberian intruksi penmainan, pemberian kesempatan anak
untuk mendiskusikan strategi dalam bermain (storming), pemberian tugas-tugas
(norming), pelaksanaan permainan (performing). Refleksi permainan.
5.
Hasil
yang dicapai
Hasil yang dicapai
adalah anak memiliki kesadaran karir, yaitu anak sadar akan dirinya, memiliki
pengetahuan karir, kesadaran membuat pilihan sehat, dan keputusan efektif dan
kesadaran keterampilan karir.
0 comments:
Post a Comment