Pages

 

Wednesday, March 7, 2012

Bimbingan Karir di SD

0 comments

1.      Fokus pengembangan karir anak di SD
Fokus pengembangan karir anak di SD disesuikan dengan tahapan perkembangan anak, anak SD termasuk kedalam tahapan kesadaran karir yaitu penumbuhkembangkan kesadaran itu sendiri dengan anak memperoleh informasi tentang karir, mengenal karakteristik diri dan mengetahui hubungan antara pekerjaan dan belajar dalam kehidupan sehari-hari. Kesadaran karir anak meliputi aspek kesadaran diri, kesadaran pengetahuan karir, kesadaran membuat pilihan sehat, dan keputusan efektif dan kesadaran keterampilan karir
2.      Strategi pelayanan karir di SD
Strategi yang digunakan yaitu include dengan pembelajaran efektif, dalam hal ini guru yang paling berperan, karena anak berangkat pada rasa ingin tahu yang tinggi, anak perlu diberi stimulus untuk mampu bertanya tentang karir kemudian dilakukan diskusi kelompok yang menyenangkan antara anak dan guru, layanan informasi bisa juga dilakukan dengan pemutaran film, guru membawa siswa ketempat-tempat yang berhubungan dengan pekerjaan dan story telling Selain itu pendekatan permainan merupakan pendekatan efektif dalam menumbuhkan kesadaran karir anak seperti :
a.       Bermain puzzel yang bertemakan karir, puzzel yang digunakan dapat berupa jenis-jenis tampilan yang sesuai dnegan karirnya seperti gambar tentara yang sedang berdiri tegap, dokter yang sedang memeriksa pasiennya, guru yang sedang menerangkan di depan kelas dll
b.      Permaianan ekspresi dan proyeksi diri, permainan ekspresi yaitu untuk mengenal dirinya, sifat-sifat dirinya yang baik dan yang buruk, keadaan dirinya bila menghadapi suatu situasi penilaian atas sifat-sifat diri yang dibutuhkan untuk suatu jenis pekerjaan, permainan proyeksi diri lebih kepada ungkapan-ungkapan yang memiliki makna.
c.       Karnaval karir
Anak-anak memakai pakaian yang mencerminkan profesi tertentu untuk memperkenalkan berbagai jenis pekerjaan.


d.      Bermain peran
Anak bermain memerankan berbagai peran yang ada pada kehidupan sehari-hari 

3.      Media yang digunakan
Media yang digunakan bisa sangat beragam, tergantung kreativitas guru itu sendiri dan disesuaikan dengan strategi yang digunakan seperti puzzel dalam permainan puzzel, boneka-boneka profesi dalam story telling, media elektronik seperti infocus, televisi, DVD dalam pemutaran film-film tentang karir, pakainan-pakaian (kostum) berbagai profesi pekerjaan dalam karnaval karir, gambar-gambar yang sesuai dengan karir,
4.      Proses
Proses yang dilakukan dalam pengembangan bimbingan karir di SD, yaitu dengan mengembangkan rasa ingin tahu anak, guru memberikan informasi-informasi dalam diskusi kelompok yang menarik, guru memberikan stimus kepada anak untuk berdiskusi dan guru menjawab pertanyaan anak dan memberikan informasi yang sesuai dengan tema diskusi yaitu tentang berbagai macam karir.
Dalam permainan proses yang dilakukan melalui pendekatan dinamika kelompok dari awal pembentukan kelompok (norming), pemberian intruksi penmainan, pemberian kesempatan anak untuk mendiskusikan strategi dalam bermain (storming), pemberian tugas-tugas (norming), pelaksanaan permainan (performing). Refleksi permainan.

5.      Hasil yang dicapai
Hasil yang dicapai adalah anak memiliki kesadaran karir, yaitu anak sadar akan dirinya, memiliki pengetahuan karir, kesadaran membuat pilihan sehat, dan keputusan efektif dan kesadaran keterampilan karir.




0 comments:

Post a Comment