Pages

 

Thursday, March 29, 2012

CONTOH SATUAN LAYANAN KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK

0 comments


KOMPONEN

Mata Layanan
Layanan Dasar
Bidang Bimbingan
Pribadi-Sosial
Jenis Bimbingan
Bimbingan Kelompok
Standar Kompetensi
Menghargai diri dan oranglain
Tujuan
siswa memperoleh oengetahuan, sikap, dan keterampilan interpersonal untuk memahami diri dan oranglain
Kompetensi Dasar
Siswa mampu mengembangkan satu sikap positif memandang diri sebagai pribadi yang unik dan berharga
Indikator
-          Siswa dapat memaafkan dirinya sendiri
-          Siswa dapat memaafkan temannya
-          Siswa dapat
Materi
Saling memaafkan
Metode dan Teknik
creative props
Alat dan Bahan
Bekas bungkus rokok
LANGKAH-LANGKAH
1.      Awal
v  Pembimbing mengucapkan salam dan meyapa siswa
v  Pembimbing memimpin doa sebelum simulasi dilaksanakan
v  Pembimbing menjelaskan tujuan simulasi
v  Pembimbing mengkondisikan siswa agar tidak ribut selama layanan berlangsung
v  Pembimbing membagi kelompok kedalam kelompok tryad
2.      Transisi
v  Pembimbing mengkondisikan siswa

3.      Kerja
Eksperientasi
Pembimbing memberikan intruksi : dalam waktu 10 menit setiap kelompok harus membuat piramida setinggi-tingginya dengan peraturan ketika salah satu teman melakukan kesalahan maka dia harus mengucapkan kata “maafkan saya ya teman-teman” dengan suara yang keras kemudian kedua temannya membalaskanya dnegan mengucapkan “saya memaafkan kamu teman” dengan suara yang keras juga, setelah itu permainan boleh kembali dilanjutkan.

Identifikasi
Konselor memberikan pertanyaan
v  Apa yang anda rasakan pada saat melakukan simulasi?
v  Apa yang anda rasakan saat menjatuhkan bungkus rokok?
v  Apa yang anda rasakan ketika teman anda melakukan kesalahan?
v  Kesulitan apa yang anda temui pada saat menyelessaikan game ini?
v  Apa yang anda pikirkan ketika anda mendapat kesulitan dalam mencapai keberhasilan menyelesaikan game ini?
v  Apa yang membuat kalian dapat bangkit lagi untuk menyelesaikan game?
v  Apakah anda mudah/sulit untuk meminta maaf?
v  Apakah anda mudah/sulit untuk memaafkan?
v  Mengapa anda merasa mudah/sulit meminta maaf?
v  Mengapa anda merasa mudah/sulit memaafkan?
v  Apa yang anda rasakan setelah meminta maaf?
v  Apa yang anda rasakan setelah memaafkan?
Analisis
Dalam tahap ini kolselor memberikan pertanyaan
v  Apa hikmah yang dapat diambil dari permainan ini?
v  Bagaimana perndapat anda jika permainan ini dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari?
v  Apa yang akan anda lakukan ketika diri merasa berdosa/salah?
v  Apa yang akan anda lakukan ketika oranglain meminta maaf atas semua kesalahannya?

Generalisasi
v  Apakah anda berencana untuk saling terbuka tentang kesalahn yang pernah diperbuat?
v  Langkah-langkah apa saja yang akan anda lakukan ketika anda akan meminta maaf?
Terminasi
Refleksi umum
Konselor memberikan penguatan pada konseli dan memberikan kesempatan terbuka bagi siswa yang ingin konseling

0 comments:

Post a Comment