KOMPONEN
|
|
Mata Layanan
|
Layanan Dasar
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi-Sosial
|
Jenis Bimbingan
|
Bimbingan Kelompok
|
Standar Kompetensi
|
Menghargai diri dan oranglain
|
Tujuan
|
siswa memperoleh oengetahuan, sikap, dan keterampilan interpersonal untuk
memahami diri dan oranglain
|
Kompetensi Dasar
|
Siswa mampu mengembangkan satu sikap positif memandang diri sebagai
pribadi yang unik dan berharga
|
Indikator
|
-
Siswa dapat memaafkan dirinya sendiri
-
Siswa dapat memaafkan temannya
-
Siswa dapat
|
Materi
|
Saling memaafkan
|
Metode dan Teknik
|
creative
props
|
Alat dan Bahan
|
Bekas bungkus rokok
|
LANGKAH-LANGKAH
|
1.
Awal
v Pembimbing mengucapkan salam
dan meyapa siswa
v Pembimbing memimpin doa sebelum
simulasi dilaksanakan
v Pembimbing menjelaskan tujuan simulasi
v Pembimbing mengkondisikan
siswa agar tidak ribut
selama layanan berlangsung
v Pembimbing membagi kelompok
kedalam kelompok tryad
2.
Transisi
v Pembimbing mengkondisikan siswa
3.
Kerja
Eksperientasi
Pembimbing
memberikan intruksi : dalam waktu 10 menit setiap kelompok harus membuat
piramida setinggi-tingginya dengan peraturan ketika salah satu teman
melakukan kesalahan maka dia harus mengucapkan kata “maafkan saya ya
teman-teman” dengan suara yang keras kemudian kedua temannya membalaskanya
dnegan mengucapkan “saya memaafkan kamu teman” dengan suara yang keras juga,
setelah itu permainan boleh kembali dilanjutkan.
Identifikasi
Konselor
memberikan pertanyaan
v Apa yang anda rasakan
pada saat melakukan simulasi?
v Apa yang anda
rasakan saat menjatuhkan bungkus rokok?
v Apa yang anda
rasakan ketika teman anda melakukan kesalahan?
v Kesulitan apa
yang anda temui pada saat menyelessaikan game ini?
v Apa yang anda
pikirkan ketika anda mendapat kesulitan dalam mencapai keberhasilan
menyelesaikan game ini?
v Apa yang membuat
kalian dapat bangkit lagi untuk menyelesaikan game?
v Apakah anda
mudah/sulit untuk meminta maaf?
v Apakah anda
mudah/sulit untuk memaafkan?
v Mengapa anda
merasa mudah/sulit meminta maaf?
v Mengapa anda
merasa mudah/sulit memaafkan?
v Apa yang anda
rasakan setelah meminta maaf?
v Apa yang anda
rasakan setelah memaafkan?
Analisis
Dalam tahap ini kolselor memberikan pertanyaan
v Apa hikmah yang dapat diambil
dari permainan ini?
v Bagaimana perndapat anda jika
permainan ini dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari?
v Apa yang akan anda lakukan
ketika diri merasa berdosa/salah?
v Apa yang akan anda lakukan
ketika oranglain meminta maaf atas semua kesalahannya?
Generalisasi
v Apakah anda berencana
untuk saling terbuka tentang kesalahn yang pernah diperbuat?
v Langkah-langkah
apa saja yang akan anda lakukan ketika anda akan meminta maaf?
Terminasi
Refleksi umum
Konselor memberikan penguatan pada konseli dan
memberikan kesempatan terbuka bagi siswa yang ingin konseling
|
Thursday, March 29, 2012
CONTOH SATUAN LAYANAN KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment